Tugas Praktikum III

”Kebijakan Investasi dan Portofolio dalam Pembiayaan Agribisnis”

Program Penyelenggaraan Khusus Agribisnis

Departemen Agribisnis, FEM-IPB

_______________________________________________________________________________________________

Matakuliah                   : Pembiayaan Agribisnis

Dosen Praktikum          :     Eva Yolynda A, SP., MM dan Feryanto William Karo-Karo, SP. M.Si.

Tujuan                         :

  1. 1. Mahasiswa Mengetahui bentuk-bentuk kebijakan Investasi dalam konteks Pembiayaan pada perusahaan agribisnis.
  2. 2. Mahasiswa mampu menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi investasi pada perusahaan agribisnis.
  3. 3. Mahasiswa mampu menjelaskan teori-teori investasi.

________________________________________________________________________________________________________

Bahan Analisis          :

Pembangunan pertanian merupakan bagian terpenting dari agenda pembangunan nasional, sebab hampir 75 persen rakyat Indonesia hidup di pedesaan dan menggantungkan kehidupannya di sektor pertanian. Menggerakkan pertanian tidaklah hanya dengan kegiatan usaha tani semata tanpa didukung oleh penguatan modal, transfer teknologi serta dukungan pasar. Masalah yang cukup penting dalam pembangunan pertanian di Indonesia adalah masalah pembiayaan, keterbatasan masyarakat untuk mengakses sumber-sumber pembiayaan adalah salah satu faktor penghambat pembangunan pertanian. Pada dasarnya masalah pembiayaan dapat diatasi dengan kegiatan investasi untuk sektor pertanian, namun masih banyak kalangan untuk berpikir ulang untuk menginvestasikan dananya ke sektor pertanian akibat dari stigma jika sektor pertanian adalah sektor yang penuh dengan ketidakpastian ini tentunya akan merugikan paetani kecil dan usaha pertanian yang berskala kecil. Berdasarkan Ilustrasi singkat diatas, analisislah oleh kelompok Anda pertanyaan-pertanyaan berikut ini :

  1. Lakukanlah proses identifikasi, mengapa investasi pertanian di Indonesia dapat dikatakan tidak berjalan dengan baik/Stagnan, untuk menjawab hal ini gunakan contoh kasus ataupun data/trend investasi di bidang pertanian!. Untuk mengatasi stagnannya kegiatan investasi di sektor pertanian menurut kelompok Anda kebijakan apa yang dapat Kelompok Anda rekomendasikan untuk membantu pemecahan kasus tersebut?. Jelaskan dengan argumen dan data yang mendukung.
  1. Salah satu kegiatan pembiayaan yang dilakukan perusahaan adalah investasi, berdasarkan hal tersebut carilah satu perusahaan yang melaksanakan kegiatan investasi.  Berdasarkan informasi tersebut analisislah pertanyaan berikut ini;
    1. Identifikasi jenis-jenis atau bentuk investasi yang dilakukan oleh perusahaan tersebut!.
    2. Sebutkan dan jelaskan alasan-alasan apa sajakah yang mempengaruhi investasi  pada perusahaan tersebut?.
    3. Kegiatan investasi yang dilakukan oleh perusahaan tentunya sudah melakukan perhitungan, terutama untuk mengurangi risiko yang terjadi. Sebutkan risiko yang mungkin terjadi akibat kegiatan investasi!.
    4. Investasi-investasi yang dilakukan oleh perusahaan tersebut ke dalam bentuk investasi berbeda, apakah dapat dikatakan sebagai bentuk portofolio dalam bisnisnya?, jelaskan pengertian portofolio untuk mengurangi risiko pada kegiatan investasi perusahaan!. (Kaitkan dengan teori yang disampaikan oleh Markowitz)

— Selamat Mengerjakan —

___ be ikhlas ___

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.