Jatidiri Koperasi-Prinsip dan Nilai Koperasi

Program Alih jenis- Agribisnis

Departemen Agribisnis-FEM IPB

__________________________________________________________________________________________________________________________________

Matakuliah : Koperasi dan Kelembagaan Agribisnis

Dosen Praktikum : Feryanto W. Karo-Karo, SP. M.Si

Tujuan :

  1. Mahasiswa mampu memahami lebih jahu tentang jatidiri koperasi : definisi, nilai dan prinsip-prinsip koperasi.
  2. Mahasiswa mampu Mengidentifikasi dan menjelaskan permasalahan koperasi dengan kaitan jatidiri koperasi.
  3. Mahasiswa mampu menjelaskan dan memahami keunggulan koperasi bila dibandingkan dengan organisasi ekonomi lainnya.

—————————————————————————————————————————————————————————————————-

Bahan Analisis :

  1. ICA Statement tahun 1995 tentang jatidiri koperasi merupakan landasan nilai dan prinsip-prinsip koperasi yang digunakan oleh gerakan koperasi di dunia, termasuk Indonesia. (A) Bandingkan dengan perundang-undangan perkoperasian yang berlaku di Indonesia saat ini (yakni UU No. 25 Tahun 1992) dan yang pernah berlaku sebelumnya (UU no 12 tahun 1967), sejahumana kedua UU tersebut bersesuaian dengan jatidiri ICA 1995 tersebut. Perbandingkanlah definisi dan prinsip-prinsip koperasi dalam kedua UU tersebut. Agar memudahkan, buatlah tabel perbandingan kelompok Anda dalam melakukan analisis perbandingan. (B) Menurut Kelompok Anda, faktor-faktor apa yang mungkin menyebabkan terdapat perbedaan antara kedua UU tersebut dengan apa yang dinyatakan oleh ICA tahun 1995?, jelaskan argumentasi kelompok Anda selengkap mungkin merujuk pada pustaka, literatur dan sumber lainnya.
  2. (A). Jelaskan bagaimana jatidiri koperasi (definisi, nilai-nilai, dan prinsip koperasi) menjadi sebuah kekuatan atau keunggulan bagi gerakan koperasi itu sendiri. Jelaskan!, (B). Bandingkan dengan praktek yang dijumpai pada perusahaan swasta maupun BUMN untuk menunjukkan bentuk keunggulan tersebut. Berikan argumentasi kelompok Anda  dengan dukungan ilustrasi yang memadai pada kondisi sekarang (tentunya kaitkan kerangka analisis kelompok Anda dengan teori yang telah Anda peroleh dalam perkuliahan). (C) Apakah kelompok Anda juga menjumpai adanya kelemahan dari jatidiri koperasi ini, khususnya terkait dengan kondisi Bangsa Indonesia ?, jelaskan dengan ilustrasi atau rujukan yang memadai.
  3. Menurut kelompok Anda hal-hal apa yang perlu diperbaiki agar gerakan koperasi di Indonesia, terutama di pedesaan dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan jatidirinya (kaitkan dengan pengertian, nilai dan prinsip koperasi)?, siapa yang dapat berperan dan apa peran masing-masing?.

(Lengkapi hasil analisis dan jawaban Anda dengan data-data terbaru, baik dari internet, surat kabar, majalah ataupun literatur-literatur pendukung.



Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.