MK. Risiko Agribisnis

Program Sarjana Alih Jenis Agribisnis

Departemen Agribisnis, FEM-IPB

”Asuransi Pertanian dan Risiko Agribisnis”

Dosen Praktikum : Feryanto W. K,  SP.M.Si

======================================================================================================

Pertanyaan Analisis :

  1. Menurut kelompok Anda apa yang dimaksud dengan asuransi pertanian, dan bagaimana trend perkembangan asuransi pertanian di Indonesia, serta mengapa Asuransi pertanian sangat dibutuhkan dalam sektor pertanian dan petani Indonesia, dalam kaitannya terhadap manajemen risiko.
  1. Lakukan analisis, mengapa Asuransi pertanian di Indonesia tidak berkembang?, sebutkan faktor-faktor yang menyebabkan Asuransi pertanian di Indonesia tidak berkembang?. Bandingkan juga dengan pengembangan asuransi pertanian di negara lain, apakah kondisinya sama dengan Indonesia?. Uraikan disertai dengan bukti-bukti yang jelas.
  1. Banyak pihak yang memiliki kepentingan dalam Asuransi Pertanian, Asumsikan jika Kelompok Anda sebagai  Petani (pengusaha), faktor-faktor apa sajakah yang meyebabkan Asuransi Pertanian sangat dibutuhkan oleh petani?, Jika kelompok Anda, adalah pelaku dalam Asuransi pertanian, faktor-faktor apa sajakah yang menjadi pertimbangan pelaku Asuransi untuk menjalankan bisnis Asuransi pertanian tersebut?, dan jika kelompok Anda sebagai pengambil kebijakan, kebijakan apa saja yang akan Anda rekomendasikan untuk mendukung Asuransi pertanian tersebut?. Jelaskan Argumen kelompok Anda, kaitkan dengan fakta empirik dan teori yang telah Anda peroleh.

— Selamat Mengerjakan —

Catatan :

  1. Makalah dikumpulkan pada saat praktikum!.
  2. Setiap kelompok wajib membuat slide powerpoint (maksimal 12 slide) untuk bahan presentasi.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.