SOAL LATIHAN MANDIRI

MK. STUDI KELAYAKAN BISNIS

Dosen Praktikum : Feryanto W. K, SP. M.Si


1. Perusahaan Akmal Azhar yang bergerak di bidang Agribisnis harus membayar honorarium (fee) kepada perusahaan konsultan sebesar Rp 12.000.000 setiap akhir tahun selama 5 tahun secara berturut-turut.  Namun fee tersebut tidak dibayarkan setiap akhir tahun, tetapi dibayarkan pada akhir tahun kelima sekaligus dengan telah memperhitungkan bunga yang berlaku sebesar 18% per tahun untuk setiap pembayaran yang ditahan.  Berapa jumlah yang harus dibayar perusahaan Akmal Azhar pada akhir tahun kelima ?

2. Keluarga Pak Arman berencana ingin membeli rumah baru ketika anaknya pertama lulus SMP.  Rumah tersebut diprediksi seharga Rp 900.000.000 pada saat anaknya lulus SMP, sementara anaknya  pada saat sekarang baru duduk kelas 5 SD.  Berapa jumlah uang yang harus Pak Arman kumpulkan setiap akhir tahun jika diketahui suku bunga yang berlaku saat ini sekitar 12% per tahun ?

3. Untuk rencana renovasi rumahnya Pak Zali meminjam uang ke Bank BNI sebanyak Rp 20.000.000 selama 4 tahun dengan tingkat bunga yang berlaku saat ini sebesar 17% setiap tahun.  Berapa uang yang harus dikembalikan Pak Zali pada  4 tahun yang akan datang secara sekaligus ?

4. Seorang pengusaha meminjam uang sebesar Rp 250.000.000 kepada suatu bank dengan tingkat suku bunga sebesar 16% per tahun pada tanggal 1 Januari 2007.

a. Bila pinjaman tersebut dibayar sekaligus  pada akhir tahun 2021 atau awal tahun 2022, berapa besarnya pembayaran pinjaman tersebut ?

b. Bila pinjaman dibayar dengan angsuran selama 15 tahun, dimulai akhir tahun 2007, maka besarnya masing-masing angsuran tiap tahun ?

c. Bila pinjaman akan dibayar selama 15 kali (tiap tahun) tetapi perusahaan diberi grace period selama 2 tahun dan selama grace period bunga tidak dibayarkan.  Berapa angsuran tiap tahun yang harus diangsur setelah grace period berakhir ?

5. Pasangan yang baru menikah mendapat pinjaman perumahan dari Bank, sebesar 100 juta. Bunga yang berlaku adalah sebesar 14%. Maka bantulah pasangan tersebut untuk menentukan perhitungan pada beberapa alternatif berikut ini ;

a. Tentukan besar pembayaran jika pinjaman tersebut di bayar pada akhir tahun ke -10 !

b. Tentukan besar angsuran, jika pinjaman dibayar secara angsuran selama 10 tahun !

c. Bila angsuran dibayar selama 5  tahun mulai akhir tahun ke -6, tentukan besarnya angsuran !

d. Jika jangka waktu pembayaran diperpanjang menjadi 15 tahun. Tentukan besar pembayaran jika PT. Benji mendapat grace period selama 5 tahun pertama, tentukan besarnya angsuran pada akhir tahun ke-6 hingga akhir tahun ke-15 ! (Bunga selama grace period 15%)

e. Berdasarkan soal d, jika bunga selama grace period adalah 12%, berapa beban bunga yang harus di bayar setiap tahun. Tentukan pula besarnya angsuran yang harus di  bayar setelah grace period !

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.