Tugas Praktikum Ke-IX

”Justifikasi Ekonomi Kelembagaan Koperasi dan Struktur Pasar”

Departemen Agribisnis-Fakultas Ekonomi dan Manajemen

=======================================================================

Matakuliah                   : Koperasi dan Kelembagaan Agribisnis

Dosen Praktikum          : Feryanto, SP. M.Si., Suprehatin, SP. MAB., Maryono, SP. MSc

Tujuan Praktikum        :

  1. Mahasiswa memahami peranan ilmu ekonomi dalam kelembagaan koperasi di Indonesia.
  2. Mahasiswa memahami justifikasi ekonomi terhadap kelembagaan koperasi di Indonesia.
  3. Mahasiswa memahami struktur-struktur pasar yang dapat dimasuki oleh koperasi.

===========================================================================

Bahan Analisis   :

Koperasi sebagai salah satu pilar dalam perekonomian bangsa Indonesia atau sebagai sokoguru perekonomian negara, sebagaimana yang tertuang dalam pasal 33 ayat 1 UUD 1945. sebenarnya ada tiga pilar perekonomian Indonesia, yakni 1) Koperasi, 2) Perusahaan Negara, dan 3) Perusahaan Swasta. Dalam hal ini koperasi merupakan lembaga perekonomian yang ”sangat ideal”, karena berasaskan kekeluargaan dan gotong royong dalam sistem pelaksanaannya. Seiring berjalannya waktu, koperasi mengalami banyak perubahaan, mulai dari zaman keemasan (era orde baru) hingga kemasa sekarang dan akan datang yang penuh dengan berbagai kendala dan permasalahan. Prestasi koperasi saat ini agaknya masih jauh dari cita-cita para pendiri bangsa. Tak mengherankan jika timbul keraguan sampai sinisme terhadap koperasi dikalangan masyarakat.

1. Hatta (1955), menyatakan bahwa ”…dari sejarah dan pengalaman sendiri kita memperoleh keyakinan, bahwa rakyat Indonesia yang banyak, miskin, dan tak punya kapital ini hanya bisa memperbaiki ekonominya dengan jalan koperasi. Dengan jalan koperasi yang lemah tetapi banyak itu dapat dipadu menjadi satu yang kuat…”. Uraikan bagaimana koperasi bisa menjadi sokoguru perekonomian yang kuat bagi bangsa Indonesia dan bagaimana strategi pengembangannya berdasarkan pernyataan Moh. Hatta tersebut (lengkapi jawaban Anda, dengan contoh kasus!).

2.  Salah Satu permasalahan yang dihadapi oleh koperasi adalah, rendahnya minat/partisipasi masyarakat untuk bergabung dengan koperasi, hal ini didasarakan rendahnya manfaat yang diperoleh dalam koperasi.

a. Jelaskan mengapa hal tersebut bisa terjadi dan bagaimana solusi dalam menarik anggota untuk bergabung dengan koperasi, jika dilihat dari aspek ekonomi!.

b. Menurut kelompok saudara apa yang menjadi pertimbangan calon anggota untuk masuk atau tidak kedalam koperasi, kaitkan jawaban Anda dengan teori ekonomi koperasi yang telah Anda peroleh dalam perkuliahaan!. jelaskan dan sertakan contoh kasus yang relevan!.

3. a. Cobia (1989) menyatakan bahwa koperasi terbentuk merupakan koreksi atas kegagalan pasar (market failure). Jelaskan apa yang dimaksud dengan kegagalan pasar, dan bagaimana koperasi bisa mengkoreksi kegagalan pasar. Jika dengan kegagalan pasar tersebut, adanya koperasi merupakan hal yang menguntungkan, jelaskan asal atau sumber-sumber yang mendatangkan keuntungan dengan adanya koperasi tersebut. (Jelaskan jawaban anda dengan bantuan gambar/grafik)

b. Justifikasi ekonomi dalam koperasi adalah suatu penyesuaian, yang bertujuan untuk menerapkan ilmu ekonomi dalam koperasi. Hanya dalam ekonomi mikro yang menjadi dasar teori-nya prinsip suatu unit Rumah Tangga ekonomi adalah “profit maximization”, sedangkan koperasi mengedepankan “service maximization”. Jelaskan dengan argument yang kuat, bagaimana koperasi dapat menerapkan prinsip “service maximization” dengan menerapkan teori ekonomi!.

(Lengkapi hasil analisis dan jawaban kelompok Anda dengan data-data terbaru, baik dari internet, surat kabar, majalah ataupun literatur-literatur pendukung, jawaban atau hasil analisis yang akurat dan didukung oleh data-data akan mendapat nilai yang optimal.)

— Selamat Mengerjakan —

___ be ikhlas ___

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.