Tugas Praktikum Ke-X

Program Kehalian Manajemen Agribisnis

Diploma IPB

”Pengelolaan Produksi dan Operasi dalam Bisnis”

===========================================================================

Matakuliah              :     Dasar-Dasar Bisnis

Dosen Praktikum     :     Tim Dosen Matakuliah Dasar-Dasar Bisnis

Tujuan   :    Mahasiswa mampu menjelaskan konsep pengelolaan produksi dan operasional dalam kaitannya menghasilkan barang dan jasa dengan memperhatikan aspek manajemen mutu dalam bisnis.

===========================================================================

Pengelolaan sistem produksi yang efektif dan efesien merupakan salah satu bagian terpenting dan tujuan perusahaan pada kegiatan bisnis dalam menghasilkan output yang maksimum, sehingga mampu memberikan keuntungan bagi perusahaan. Namun, perlu disadari bahwa system produksi pada unit usaha/perusahaan dalam kegiatan bisnis dalam menghasilkan barang dan jasa tentunya sangat berbeda satu sama lain, disesuaikan dengan output, kharakteristik produk dan besar-kecil (skala)  perusahaan.

Dengan pemahaman tersebut dan teori yang sudah Anda peroleh dalam kegiatan perkuliahan, maka susunlah makalah kelompok yang menyajikan perbadingan system produksi pada perusahaan agribisnis yang berskala kecil dan besar (contoh : Warung Kopi dengan Café, Warteg dengan Rumah Makan Padang “TRIO”, gunakan juga contoh lain), selanjutnya lakukan analisis dengan teori yang ada untuk melihat perbedaan system produksi yang ada pada perusahaan agribisnis yang berskala kecil dan besar tersebut. Untuk membantu kelompok Anda menganalisis perbedaan pengelolaan produksi di dua perusahaan yang berbeda, gunakan pertanyaan analisis beirkut ini;

  1. Berdasarkan kasus yang Anda miliki sejauh mana pengelolaan menjadi bagian terpenting dalam pengelolaan usaha/binsis?, dan apakah terdapat orang yang bertanggung jawab dalam pengelolaan produksinya?, jelaskan.
  2. Melihat perbandingan pada dua perusahaan tersebut, dapatkah kelompok anda menunjukkan perbedaan apa saja yang terdapat pada pengelolaan produksinya?. Buat tabel untuk membantu menjelaskannya.
  3. Salah satu bagian yang terpenting dalam pengelolaan produksi dalam menghasilkan barang dan jasa adalah perlunya tempat produksi/usaha ditata dengan baik, dari dua perusahaan yang kelompok Anda amati apakah terdapat design letak/tata letak dalam usahanya?. Dan menurut kelompok Anda apa alasan membangun tempat produksi/usahanya: apakah (a) karena kedekatan sumber produksi atau (b) kedekatan pasar/konsumen?.
  4. Perusahaan pada saat sekarang sangat memperhatikan aspek mutu dalam menghasilkan barang dan jasa?, apakah kedua perusahaan yang Anda amati tersebut menjalankan kegiatan manajemen mutu untuk menghasilkan barang dan jasa?, berikan contoh!.

— Selamat mengerjakan —

Setiap kelompok wajib untuk membuat bahan presentasi dalam format slide powerpoint (.ppt), maksimal 12 slide presentasi.

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.