Tugas Praktikum Ke-XII

Program Keahlian Manajemen Agribisnis

Program Diploma IPB

“Pengelolaan Pemasaran”

=================================================================================

Matakuliah           : Dasar-Dasar Bisnis

Dosen Praktikum  : Feryanto, SP. M.Si

Tujuan                   :  Mahasiswa mengetahui dan mampu menjelaskan pengelolaan pemasaran dalam suatu bisnis.

===================================================================================

Pemasaran merupakan ujung tombak dalam suatu perusahaan. Tidak ada perusahaan yang tidak melakukan kegiatan pemasaran, walaupun hanya sebatas dari pembicaran ke pembicaraan lain, yang terkenal dengan istilah ”mouth to mouth”. Pemasaran merupakan komunikasi yang dilakukan oleh suatu bisnis atau perusahaan untuk memperkenalkan usaha dan produknya kepada masyarakat calon konsumen ataupun pelanggannya. Sehingga degan demikian perusahan berupaya untuk melakukan kegiatan pemasaran. Oleh karena itu lakukanlah pengamatan langsung ke pasar tradisional dan modern yang sudah ditentukan pada kelompok Anda, berdasarkan kunjungan tersebut dan pemahaman singkat diatas dan teori yang sudah peroleh di perkuliahaan, maka lakukanlah analisis dengan pertanyaan-pertanyaan berikut ini :

  1. Jelaskan pengertian pengelolaan pemasaran?, apakah pemasaran itu sama pengertiannya dengan menjual?. Jelaskan aktivitas pemasaran dan berikan contohnya?
  2. Carilah satu contoh unit bisnis atau perusahaan di sekitar pasar tradisional dan modern yang Anda kunjungi, lakukanlah pengamatan atau bisnis atau usaha di pasar tersebut. Pertanyaan wawancara meliput ; (a). Jelaskan Penataan produk, harga, dan  pelabelan yang dilakukan oleh masing-masing usaha dalam menjual produknya!., (b). Apakah perusahan tersebut menjual produknya dengan menggunakan media pemasaran?, sebutkan media yang digunakan?, berikan alasannya?.,  (c). Apakah di unit usaha yang Anda kunjungi atau wawancarai memiliki penanggungjawab khusus di bidang pemasaran?, jelaskan?.
  3. Sebutkan perbedaan mendasar antara pemasaran di pasar tradisional dan modern yang dilakukan oleh pengusaha dalam memasarkan produknya!. Buatlah tabel perbandingan.
  4. Kesimpulan apa yang dapat kelompok Anda dapat dari point 1, 2 dan 3 diatas!.

Catatan:

–       Setiap kelompok harus menyertakan dokumentasi (letakkan dilampiran)

–       Setiap kelompok wajib membuat slide presentasi maksimal 1o slide powerpoitn (.ppt). Terimakasih.

Selamat Mengerjakan

— Be Iklhas —

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.