Tugas Praktikum Ke-V

Matakuliah Strategi Kebijakan Bisnis

Departemen Agribisnis

”Analisa Faktor-Faktor Lingkungan Eksternal dan Internal”

 ======================================================================================

 

Matakuliah              :     Strategi Kebijakan Bisnis

Dosen Praktikum     :     Feryanto,SP.M.Si

                                                     Maryono, SP.M.Sc

                                                     Ach Firman Wahyu, SE

Tujuan                   :    Mahasiswa mampu mengidentifikasi faktor-faktor eksternal perusahaan (5 kekuatan bersaing Porter) dan internal (value chain).

 ========================================================================================================

 

 

Setiap pelaku bisnis harus paham terhadap lingkungan bisnis, apakah itu lingkungan internal atau eksternal yang merupakan ’’key factor“ dalam pengelolaan  bisnis. Oleh karena, itu mengidentifikasi faktor eksternal (peluang dan ancaman) serta internal (kekuatan dan kelemahan) pada lingkungan bisnis menjadi keharusan yang dilakukan oleh pengusaha untuk menghindari kerugian dan memenangi persaingan.

Berdasarkan informasi diatas, maka dikaitkan perusahaan yang kelompok Anda analisis pada penugasan pertama, analisislah perusahaan  tersebut, dengan bantuan pertanyaan analisis dibawah ini.

 

Pertanyaan Analisis :

 

  1. Tentukan faktor-faktor eksternal pada perusahaan tersebut dengan bantuan/pendekatan teori ”5 kekuatan bersaing M. Porter”. Lalu jelaskan secara singkat, mengapa Anda menentukan faktor-faktor tersebut menjadi faktor eksternal. Tentukan juga, apakah faktor-faktor tersebut masuk pada faktor peluang atau ancaman!.
  2. Berdasarkan Efek Halangan Masuk dan halangan keluar terhadap keuntungan industri, analisislah oleh kelompok Anda, perusahaan tersebut masuk kedalam kuadran yang mana?, jelaskan kelompok Anda.
  3. Dari kasus perusahaan kelompok Anda tersebut, analisis juga lingkungan internalnya dengan pendekatan ”value chain”, baik pada Kegiatan Utama dan Pendukung. Sejauh mana faktor-faktor tersebut mendukung keberhasilan perusahaan/bisnis dalam menghadapi persaingan. Jelaskan.
  4. Tentukan dari point (3) tersebut, mana yang menjadi kekuatan dan kelemahan dari hasil identifikasi kelompok Anda.
  5. Dari point (3), dan (4) kesimpulan apa yang kelompok Anda peroleh?, jelaskan!.

 

— selamat bekerja —

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.