Catatan Umum  dalam penyusunan Proposal PKM-Kewirausahaan :

  1. Hendaknya judul harus bisa dibuat dengan bahasa yang sederhana dan menggunakan kata/istilah yang  unik, serta juga harus menunjukkan sisi kreativitas dari usaha yang akan dijalankan. Judul akan memberikan gambaran apa usaha yang akan dijalankan.
  2. Mohon memperhatikan “benang merah” sejak dari  judul-Pendahulan, latar belakang (gunakan data dan informasi dan fakta pendukung mengenai seberapa penting dan potensialnya usaha ini untuk dijalankan) serta identifikasi peluang bisnis yang mungkin untuk dijalankan, perumusan masalah (perlihatkan “gap” mengapa usaha/produk/jasa ini yang anda tawarkan untuk mengatasi masalah tersebut, tonjolkkan aspek/sisi bisnisnya), Hindari membuat perumusan masalah seperti yang terdapat di PKM penelitian atau pengabdian pada masyarakat. Luaran Yang diharapkan-Kegunaan : Harus bisa menghubungkan judul  dan pendahuluan dengan manfaat serta output yang akan dihasilkan dari usaha yang akan dijalankan. bennag merah dijaga harus ada sampai ke proyeksi penyusunan dan analisis keuangan.
    1. Untuk menggambarkan benang merah dari judul sampai aplikasi usaha ini, buatkan diagram kerangka/proses pengusulan usaha ini, agar memudahkan reviewer memahami usulan anda.
    2. Gambaran usaha harus bisa menyajikan informasi : Gambaran Usaha harus bisa menggambarkan Identitas Usaha (Nama, Logo,  Visi, dan Misi, strategi/prospek usaha yang sedang/akan dijalankan, tempat usaha, organisasi/SDm yang menjalankan, bagaimana pemasaran à Marketing mix/Bauran pemasaran (Product-Price, Place and promotion atau dengan konsep 4P),

Produk : deskripsikan dengan singkap dan jelas apa produk atau jasa yang ditawarkan 9atribut yang melekat : nama/merck, komposisi, kemasan/ukuran)

Price : berapa harga produk yang ditawarkan (berdasarkan kemasan/ukuran0, serta bagaimana penentuan harga produk tersebut.

Place : dimana perolehan bahan baku/kekontiniuan dari bahan baku juga disampaikan, pasar yang dituju. hindari disekitar/sekeliling kampus.

Promotion : bagaimana promosi yang dilakukan, apakah langsung atau menggunakan media (Tel, Radio, FAcebook, Twitter, Blog, Web, leaflet, Koran), dll. Harus dijelaskan.

serta Segmentasi-Target-Positioning (S-T-P).

Segmentasi ; Siapa sasaran yang dituju, hati-hati sasarannya jangan hanya mahasiswa. harus jelas berdasarkan ekonomi, geograpi, atau demograpi (Usia, gender), dll

Target ; apa yang ingin dicapai dari produk dan usaha ini, dibuat dalam matriks atau garis bilangan waktu, grafik.

Positioning : Bagaimana posisi produk kelompok anda terhadap produk sejenis atau subtitusi dibenak konsumen anda à ini berkaitan dengan brand yang kelompok anda tawarkan pada produk atau jasa anda.

 

Pesaing :  bagaimana pesaing langsung dan tidak langsung yang ada.

Serta harus bisa menunjukkan dan mendeskripsikan bagaimana keberlanjutan usaha setelah program PKM selesai. serta bagaiman proyeksi produksi, target produksi per periode, buat dalam bagan/matriks dan lainnya.Usaha ini tidak jelas mau memproduksi berapa banyak dan dipasarkan dimana?, mekanismena?. Keberanjutan usaha juga harus dapat dijelaskan dengan baik, setelah program ini selesai à biasanya hal ini ditunjukkan oleh identitas/cirri usaha, manajemen modern dan terorganisasi dengan baik (sistem baik), serta proyeksi produksi serta strategi yang dijalankan. Karena halaman terbatas, disajikan dengan singkat, namun memuat seluruh informasi tersebut. Akan lebih baik jika sudah ada rencana untuk mengurus perizinan usaha, IRT Dinkes BPPOM atau sertifikasi halal.

  1. Metode pelaksanaan usaha : hendaknya menggambarkan atau menyajikan diagram alir dari proses produksi mulai dari memperoleh input sampai barang/ jasa ke tangan konsumen, tampilkan gambar, hal ini akan memperkuat argument bahwa produk kelompok anda sudah ada, bukan dalam proses coba-coba.
  2. Proyeksi keuangan : Mohon menyajikan dan menyusun anggaran yang rasional berdasarkan informasi yang disajikan dari judul sampai proses produksi, Anggaran yang tidak rasional akan mengurangi poin.  Analisis kelayakan usaha hendaknya harus ada, walaupun hanya menghitung keuntungan = penerimaan- total biaya, namun untuk melengkapi dan memperkuat argument bahwa usaha ini layak dijalankan, mohon juga untuk menyajikan seberapa efesien usaha ini dengan analisis R/C, atau kelayakan usaha dengan kriteria Investasi (jika memungkinkan) dengan indikator Net B/C, NPV, IRR, dan Payback period. Dasar dalam menentkan kelayakan usaha adalah menyusun aliran kas (cash flow), mohon juga menyusun (proyeksi) laporan laba rugi (Lap L/R) atas usaha atau rencana usaha kelompok anda.  Hati-hati dalam menentukan HPP (Harga Pokok Penjualan), dan BEP (pada umumnya banyak mengutip dari proposal terdahulu yang salah”.
  3. Mohon memperhatikan penulisan berdasarkan EYD, istilah, kutipan, sumber, tata bahasa, tata penulisan dan lainnya.
  4. Urutan penulisan mohon memperhatikan Panduan PKM terbaru.

Semoga Lolos dibiayai DIKTI dan Sampai bertemu di PIMNAS

Salam,

Feryanto, SP. M.Si

Departemen Agribisnis-FEM IPB

email: ferywillcharo@yahoo.com, twitter : @fery_wk

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.