P E N G U M U M A N

SELEKSI MAHASISWA BERPRESTASI TINGKAT DEPARTEMEN

DEPARTEMEN AGRIBISNIS

FEM-IPB

2013

Kepada seluruh Mahasiswa Departemen Agribisnis diinformasikan seleksi Mahasiswa Berprestasi 2013 akan dilaksanakan, Adapun persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa berprestasi adalah sebagai berikut;

 

Persyaratan Umum ;
1.  Warga Negara Indonesia yang ber-Iman dan Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

2.  Mahasiswa aktif Departemen Agribisnis, maksimal Semester VIII (usia maksimal 24 tahun pada tahun 2012).  Bagi mahasiswa Departemen Agribisnis yang mengikuti Bina MAPRES oleh BEM FEM diwajibkan mengikuti proses seleksi ini.

3.  Memiliki (Minimal) Rata-rata IPK 3,00 (skala 4,00).

4.  Memiliki prestasi akademik dan organisasi yang baik (dibuktikan dengan fotocopy seluruh sertifikat yang ada).

 

 

Persyaratan Khusus ;

 

  1. Mengisi Form Mahasiswa Berprestasi (Panduan dan Form dapat di copy di Fotocopyan Inova, Lantai 3).
  2. Menulis karya tulis (lihat ketentuan di bawah)
  3. Memiliki pengalaman bekerja sesuai dengan bidang profesi (pengalaman kerja : magang di perusahaan, aktif di program bina desa dan lain-lain), dibuktikan dengan surat keterangan dari perusahaan atau pimpinan organisasi.
  4. Melampirkan 2 lembar Foto Berwarna (4×6)
  5. Melampirkan fotocopy Sertifikat TOEFL/prediction TOEFL yang masih berlaku.
  6. Melampirkan fotocopy transkip Nilai dari semester awal sampai semester terakhir.
  7. Melampirkan fotocopy segala surat/sertifikat pendukung yang berkaitan dengan seluruh kegiatan seminar/keorganisasian berbagai level/prestasi yang  pernah diikuti dan diperoleh.

 

Jadwal Seleksi Calon Mahasiswa Berprestasi Departemen Agribisnis

No

Uraian Kegiatan

Waktu

1

Sosialisasi Kepada Mahasiswa 21 Januari – 14 February 2013

2

Pengumpulan Berkas 15 Februari 2013 (Pukul 11.00)

3

Seleksi Administrasi 18-20 Februari 2012

4

Presentasi I Calon Mahasiswa Berprestasi 22-26 Februari 2013 (Pkl. 09.00),akan diinfokan lebih lanjut

5

Pengumuman Mahasiswa Berprestasi Tingkat Dep/Penyerahan Bakal Calon Mapres Tingkat FEM 27 Februari 2012

6

Penyerahan Berkas Ke Fakultas 27Februari 2013

 

Ketentuan Lain :

 

–          PROSES SELEKSI INI TERBUKA Untuk Seluruh MAHASISWA DEPARTEMEN AGRIBISNIS, FEM-IPB, dan WAJIB BAGI MAHASISWA DEPARTEMEN AGRIBISNIS YANG TELAH MENGIKUTI PROGRAM BINA MAPRES FEM 2012.

–          Seluruh berkas calon peserta dimasukkan ke dalam map coklat tertutup, dan bagian depan amplop di tulis : PESERTA CALON MAHASISWA BERPRESTASI, NAMA/NRP.

–          Berkas Dikumpulkan kepada Ibu Yoyoh di sekretariat Departemen Agribisnis (15 Februari 2013).

–          Dalam Penulisan Karya Tulis dapat melakukan pembimbingan kepada Bapak/Ibu Dosen.

 

Ketentuan Penulisan Karya Tulis Calon Mahasiswa Berprestasi;

 

  1. Tema Penulisan Karya Tulis Bagi Calon Mahasiswa Beprestasi, adalah

 

“Peningkatan Daya Saing Bangsa Berbasis Keunggulan Lokal”

Berikut ini beberapa alternatif topik yang dapat dipilih sebagai acuan penulisan berdasarkan bidangnya;

1)    Alternatif Topik Bidang IPA

a)    Pendayagunaan potensi berbagai sumberdaya alam (air, udara, darat, biologis),

b)    Pendayagunaan teknologi untuk pemanfaatan berbagai sumberdaya,

c)    Pengembangan sumber energi terbarukan.

2)    Alternatif Topik Bidang IPS

a)    Pengembangan kesadaran dan sistem hukum (nasional),

b)    Pengembangan Tripartit (tiga serangkai) Pemerintah, BUMN dan Swasta,

c)    Pengembangan menuju masyarakat madani (civil society),

d)    Pelestarian nilai-nilai sosial budaya,

e)    Peranan komunikasi massa dalam perubahan sosial budaya,

f)      Pengembangan pariwisata dan dampak sosialnya,

g)    Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan,

h)    Penanggulangan kekerasan dalam rumah tangga,

i)      Kesadaran akan bahaya pornografi/pornoaksi,

j)      Peningkatan ekonomi rakyat, atau

k)    Pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah.

 

3)    Alternatif Topik Bidang Ilmu Pendidikan

a)    Pengembangan kualitas sumberdaya manusia,

b)    Pengembangan pendidikan guru/dosen,

c)    Pengembangan pendidikan luar sekolah dan belajar berkelanjutan,

d)     Pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidik­an (KTSP),

e)    Pengembangan pendidikan luar biasa,

f)      Pengembangan metoda dan evaluasi pembelajaran menggunakan pendekatan SCL (student centered learning),

g)    Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan,

h)    Pendidikan layanan khusus (pendidikan bagi masyarakat di daerah terpencil atau yang terkena bencana),

i)      Pengembangan pendidikan dengan metoda home schooling,

j)      Pengembangan pendidikan anak usia dini, atau

k)    Pengembangan pendidikan tinggi

 

Alternatif Usulan Topik à Khusus Bidang Agribisnis

a)      Pangan (Beras dan Non Beras)

b)      Energi (biofuel)

c)       Dayangsaing produk pertanian

d)      Target Swasembada Beberapa Komoditi Pertanian

e)      Kewirausahaan

 

  1. 2.       Sifat dan Isi Tulisan

Sifat dan isi tulisan harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut;

1)    Kreatif dan  Objektif

a)       Tulisan berisi gagasan yang kreatif untuk memberikan solusi suatu permasalahan yang berkembang di masyarakat yang merupakan hasil pemikiran secara divergen atau pemikiran yang terbuka.

b)       Tulisan tidak bersifat emosional atau tidak menonjolkan permasa­lahan subjektif.

c)       Tulisan didukung oleh data dan/atau informasi dari sumber terpercaya.

d)       Bersifat asli (bukan karya jiplakan).

2)  Logis dan Sistematis

a)       Tiap langkah penulisan dirancang secara sistematis dan runtut.

b)       Pada dasarnya karya tulis ilmiah memuat unsur-unsur identifikasi masalah, analisis-sintesis, kesimpulan dan rekomendasi.

3) Isi tulisan berupa hasil kajian pustaka atau hasil kajian pustaka yang didukung oleh hasil peng­a­matan dan/atau wawancara.

4) Materi karya tulis ilmiah tidak harus sejalan dengan bidang ilmu yang sedang ditekuni mahasiswa.

5)  Materi karya tulis ilmiah merupakan isu mutakhir.

6) Karya tulis ilmiah belum pernah diikutsertakan dalam lomba karya tulis di tingkat manapun kecuali pada rangkaian pemilihan Mahasiswa Berprestasi.

 

  1. Sistematika Penulisan

Sistematika penulisan berisi rancangan yang teratur sebagai berikut.

1)    Bagian Awal

a)    Halaman Judul (huruf besar, mencantumkan nama penulis dan nomor induk dan perguruan tinggi asal ditulis dengan jelas).

b)    Lembar Pengesahan (memuat judul, nama penulis, dan nomor induk) ditandatangani oleh Dosen Pembimbing (apabila ada), dan Pembantu/ Wakil Rektor/Ketua/ Direktur Bidang Kemahasiswaan lengkap dengan stempel perguruan tinggi, diberi tanggal sesuai dengan tanggal pengesahan.

c)    Kata Pengantar dari penulis.

d)    Daftar isi dan daftar lain yang diperlukan seperti daftar gambar, daftar tabel, dan daftar lampiran.

e)    Ringkasan maksimal 2 halaman ditulis dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Ringkasan dalam bahasa Inggris ditulis secara terpisah untuk keperluan penilaian kemampuan berbahasa Inggris.

2)    Bagian  Inti

a)    Pendahuluan

Bagian Pendahuluan berisi: latar belakang dan perumusan masalah, uraian singkat mengenai gagasan kreatif yang ingin disampaikan, serta tujuan dan manfaat yang ingin dicapai melalui penulisan.

b)    Telaah Pustaka

Telaah Pustaka berisi uraian yang menunjukkan landasan teori dan konsep-konsep yang relevan dengan masalah yang dikaji, uraian mengenai pendapat yang berkaitan dengan masalah yang dikaji, uraian mengenai pemecahan masalah yang pernah dilakukan.

c)    Metode Penulisan

Penulisan dilakukan mengikuti metode yang benar dengan meng­u­raikan secara cermat cara/prosedur pengumpulan data dan/atau informasi, pengolahan data dan/atau informasi, analisis-sintesis, meng­ambil kesimpulan, serta merumuskan saran atau reko­men­da­si.

d)    Analisis dan Sintesis

Bagian ini berisi analisis-sintesis permasalahan dida­sarkan pada data dan/atau informasi serta telaah pustaka untuk menghasilkan alter­na­tif model peme­cahan masalah atau gagasan yang kreatif.

e)    Kesimpulan dan Rekomendasi

Kesimpulan harus konsisten dengan analisis dan sintesis pada pem­bahasan dan menjawab tujuan. Rekomendasi disampaikan berupa kemungkinan atau prediksi transfer gagasan dan diseminasi ga­gas­an atau adopsi gagasan oleh masyarakat.

3)    Bagian Akhir

Bagian akhir memuat daftar pustaka dan lampiran jika diperlukan.

 

  1. Persyaratan Penulisan

1)       Naskah ditulis minimal 20 halaman dan maksimal 30 hala­man, menggunakan Bahasa Indonesia baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan, sederhana, jelas, satu kesatuan, menggunakan istilah yang mudah dimengerti, tidak menggunakan singkatan seperti tdk, tsb, yg, dgn, dll., sbb.

2)       Naskah diketik 1,5 spasi pada kertas berukuran A4, (font 12, Times New Roman Style). Jarak pengetikan antara bab dan subbab tiga spasi, subbab dan kalimat di bawahnya dua spasi. Judul bab diketik di tengah-tengah dengan huruf besar dan dengan jarak empat cm dari tepi atas tanpa digaris-bawahi. Judul subbab ditulis mulai dari sebelah kiri, huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (huruf kapital), kecuali kata-kata tugas, seperti yang, dari, dan. Judul anak subbab ditulis mulai dari sebelah kiri dengan indensi satu cm. Huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (huruf kapital), kecuali kata-kata tugas, seperti yang, dari, dan. Jika masih ada subjudul dalam tingkatan yang lebih rendah, ditulis seperti pada tingkatan di atasnya, lalu diikuti oleh kalimat berikutnya.

3)       Alinea baru diketik sebaris dengan baris di atasnya dengan jarak 2 spasi. Pengetikan kutipan langsung yang lebih dari tiga baris diketik satu spasi menjorok ke dalam dan semua­nya tanpa diberi tanda petik

 

 

=== Semoga Sukses ===

AGB Growing The Future !!!

Ayo, Buktikan Kalau Kamu Mau, Mampu dan Bisa Menjadi Mahasiswa Berprestasi

di Departemen Agribisnis, FEM, IPB,

dan Level Nasional !

Leave a Reply

You must be logged in to post a comment.